RTIK Jember Kegiatan Sosialisasi Literasi Digital di MTS Zainul Hasan Balung

Sosialisasi Literasi Digital di MTS Zainul Hasan Balung



JEMBER, MTs. Zainul Hasan Balung menggandeng Relawan TIK Jember untuk memberikan wawasan kepada para muridnya tentang literasi digital.

Dewasa ini aktivitas di ruang digital telah menjadi bagian besar dari aktivitas sehari-hari, sehingga penting hukumnya untuk mengenal lebih jauh mengenal dunia digital itu sendiri melalui serangkaian literasi.

Ketua Relawan TIK Jember Erlina Dwi Nahdzifah menyampaikan, dunia digital memiliki dua dampak baik positif dan negatif bagi kehidupan manusia.

“Seperti pisau, apabila kita menggunakannya dengan benar maka pisau tersebut bermanfaat untuk misal digunakan ibu dalam memotong daging, mengiris berbagai bumbu dapur untuk kemudian dimasak dan jadilah makanan lezat bagi keluarga. Sebaliknya apabila pisau digunakan dengan tidak benar maka pisau akan menjadi bencana, misal digunakan penjahat untuk membacok orang lain,” jelas Erlin, panggilan akrabnya.

Erlin mengutus anggotanya untuk memberikan literasi seputar dunia digital kepada siswa-siswi MTs. Zainul Hasan Balung, Rabu 20 Juli 2022.
Mereka yang diutus di antaranya, Edy Wihardjo, Ulya Anisatu Rosyidah, M. Yunus, Naufal Nasrulloh, Guntur Rahmatullah dan Toriq Fatur Rohman.

“Mereka memberikan literasi digital kepada para siswa, yang meliputi kecakapan digital, etika digital serta keamanan digital dan beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan para siswa dari ekosistem digital,” sambung Erlin.

Ditulis oleh:

Guntur Rahmatullah
Kepala Divisi Komunikasi Publik
Relawan TIK Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *