RTIK Jember Kegiatan Relawan TIK Jember Jadi Pemateri Bimtek PPID Pemkab Jember

Relawan TIK Jember Jadi Pemateri Bimtek PPID Pemkab Jember



JEMBER, Wakil Ketua Relawan TIK Jember Victor Wahanggara menjadi pemateri dalam Bimbingan Teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Senin, 23 Mei 2022. Bimtek ini diikuti 226 orang operator PPID Desa se-Kabupaten Jember.

Antusiasme Operator PPID se Kab Jember Mengikuti BIMTEK

Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Ada 4 sesi materi yang disampaikan dalam bimtek kali ini, dimana Wakil Ketua Relawan TIK Jember Victor Wahanggara mengisi sesi ketiga yang membahas mengenai penulisan berita sebagai konten dari PPID Desa.

Victor menerangkan dalam penulisan berita, sudut pandang sangat penting supaya alur berita bisa terarah maksimal sesuai yang ingin disampaikan. “Dengan sudut pandang yang terarah maka berita tersebut akan mudah dipahami oleh pembaca, alurnya terarah dan tidak muter-muter,” jelas Victor di depan forum. Menurut Victor, seorang penulis berita, harus mengetahui konsep 5W+1H (What, Who, When, Where, Why and How). Kemudian penulisan berita harus menggunakan konsep piramida terbalik. Tak kalah penting penulis harus banyak mempelajari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Wakil Ketua Relawan TIK Jember Victor Wahanggara Saat Menyampaikan Materi

Victor memotivasi kepada para peserta PPID, agar tidak takut untuk memulai menulis setiap kegiatan yang ada di lingkungan kerjanya, sehingga menjadi sebuah informasi kepada publik. “Harus berani memulai. Insaallah, jika terus diasah, kemampuan bapak ibu sebagai operator PPID akan semakin mantap,” ungkapnya.

Adapun sesi lainnya, di antaranya sesi pertama, diisi oleh Kepala Dinas Kominfo Jember  Bobby Arie Sandy menyampaikan pembukaan Bimtek PPID. Sesi kedua, diisi oleh perwakilan Diskominfo Jatim Aminuddin menyampaikan Standar Layanan Informasi Publik Desa.

Pemberian Penghargaan oleh Diskominfo Jember ke Narasumber dari RTIK Jember

Dan sesi terakhir disampaikan oleh Kepala Bidang Aspirasi & Layanan Informasi Publik Diskominfo Jember, Habib Salim yang menyampaikan teknis penggunaan website PPID Desa.

Penulis : Guntur Rahmatullah
Ketua Divisi Komunikasi Publik Relawan TIK Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *