RTIK Jember Kegiatan Pemkab Jember Kolaborasi dengan Relawan TIK Wujudkan SDM Digital

Pemkab Jember Kolaborasi dengan Relawan TIK Wujudkan SDM Digital



JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menggelar audiensi dengan pengurus Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Cabang Jember di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu malam (8/6/2022).

Dalam audiensi tersebut, Bupati Hendy Siswanto menyampaikan rencana besarnya mengenai percepatan pelayanan publik dengan dukungan teknologi.

Oleh karena itu, dia membutuhkan tenaga instruktur dan pendamping di bidang teknologi.

“Smart technology tentunya harus dibarengi dengan smart user, ini adalah kerja besar, peningkatan SDM bagi aparatur pemerintah maupun masyarakat secara umum merupakan keharusan, oleh sebab itu, kami menggandeng Relawan TIK Jember sebagai instruktur dan pendamping di bidang teknologi,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Dia mengungkapkan bahwa SDM aparatur pemerintah se-Kabupaten Jember yang betul-betul mengerti teknologi dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi berkisar 18 persen, di luar itu masih gaptek.

Dengan berkolaborasi dengan Relawan TIK, ia berharap terjadi percepatan pembangunan di Jember dengan dorongan teknologi dan konsisten.

Sementara itu, Ketua Relawan TIK Jember Erlina Dwi Nahdzifah menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung terwujudnya digitalisasi di Kabupaten Jember.

Dia mengungkapkan misi utama Relawan TIK ialah memastikan masyarakat dapat mengakses, menikmati serta memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar.

“Kami telah menyiapkan beberapa konsep pendampingan dan telah kami paparkan kepada bapak Bupati Jember. Dan kami siap mendukung terwujudnya Jember makin cakap digital,” ujarnya.

Lebih rinci, Erlin membeberkan beberapa konsep yang disampaikan untuk diaplikasikan di Kabupaten Jember di antaranya, Jember digital space, Jember melek digital dan Desa digital Jember.

Ditulis oleh:

Guntur Rahmatullah
Kepala Divisi Komunikasi Publik
Relawan TIK Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *