RelawanTIK Jember dan Mahasiswa KKN 35 UMJ Adakan Sosialisasi Website Desa

2
97

Rtikjember.or.id – Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Jember, Ulil Albab, menjadi pemateri pentingnya penggunaan website desa. Sosialisasi ini merupakan undangan dari teman-teman mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) 35 Universitas Muhammadiyah Jember. Acara dilaksanakan di aula Balai Desa Seletreng, Kapongan, Situbondo (21/02/2018).

” Penggunaan website desa sangat penting dalam era keterbukaan informasi publik ini. website bisa digunakana untuk kemudahan pelayanan masyarakat. Untuk administrasi, mengenalkan potensi desa, bahkan untuk sarana komunikasi” tutur Ulil Albab. Keterbukaan informasi publik, sangat diperlukan. Hal ini untuk mendorong partipasi publik dalam hal tata kelola pemerintahan yang baik (good goverment). Dan hal ini sudah diatur dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 pasal 29 tentang pelayanan publik.

Pada acara itu, dijelaskan juga tentang jurnalisme warga (citizen journalism) dan pencegahan berita palsu (hoax). ” Dahulu media informasi lekat dengan pekerjaan sebagai wartawan atau jurnalis, namun sekarang semua orang bisa menjadi wartawan atau jurnalis dengan adanya media teknologi informasi” tutur Zainul Hasan, Ketua LITBANG RTIK Jember. Dalam hal jurnalisme warga, masyarakat dijelaskan tentang bagaimana membuat berita yang baik. Yang sesuai dengan etika jurnalistik. Hal ini tentu untuk menghindari adanya berita palsu (hoax).

Diakhir acara, Ketua RTIK Jember, Ulil Albab menghimbau untuk segera dilaksanakan pembuatan website desa. Dan juga masyrakat jangan sampai terkena provokasi berita palsu. Apalagi, Jawa Timur pada tahun ini memasuki tahun politik, yang sangat rentan terhadap berita palsu dan ujaran kebencian.

2 KOMENTAR

  1. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it’s really informative. I’m gonna watch out for brussels. I will appreciate if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here