Relawan TIK Jember Ajak Masyarakat Untuk Kawal Pemilu 2019

0
40

rtikjember.or.id – JEMBER, Pengurus Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Relawan TIK) Cabang Jember mengajak seluruh masyarakat untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada hari ini, Rabu 17 April 2019.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut andil dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang transparan, caranya dengan klik s.id/kawalpemilu lalu mendaftar dengan akun facebook dan ikuti petunjuknya,” pinta Ketua Relawan TIK Jember, Ulil Albab.

Ajakan tersebut bukan tanpa sebab, karena di Indonesia setidaknya ada 800 ribu lebih TPS untuk juga diawasi kemurnian perolehan suaranya.

Kawal Pemilu ini merupakan gerakan massa untuk ikut terlibat dalam mengawasi penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam sistem Kawal Pemilu, relawan diminta untuk memotret dokumen C1 Plano sebagai bukti otentik perhitungan suara di setiap TPS dan mengupload ke sistem.

Ulil menjelaskan ada beberapa alasan untuk menjadi relawan Kawal Pemilu, pertama untuk mewujudkan perhitungan suara yang jujur dengan adanya partisipasi langsung masyarakat, kedua Pemilu 2019 ini merupakan Pilpres dan Pileg yang bersamaan, ketiga Pemilu Indonesia merupakan Pemilu yang paling kompleks, rumit dan besar di dunia.

“Pemilu Indonesia sudah jadi contoh dunia dengan inisiatif open data KPU. Dengan kita bergotong-royong, kita bisa membuat Pemilu 2019 ini menjadi jauh lebih transparan lagi!,” ajaknya.

Bagian Humas
Relawan TIK Jember

Samsul Arifin
No.WA 085101180766

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here