Relawan TIK Jatim Menuju Kemandirian : TOT 2018

0
185

Rtikjember.or.idMOJOKERTO, Persebaran Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Jawa Timur sudah hampir merata. Tinggal beberapa Kabupaten/kota yang belum memiliki kepengurusan RTIK dari 33 Kabupaten/Kota yang sudah terbentuk dari segi struktural Relawan TIK di Jawa Timur.

Melalui Training of Trainer Relawan TIK Jawa Timur 2018 yang diselengarakan di Villa Anugerah Ketapanrame Mojokerto pada tanggal 24-26 Juli 2018 diharapkan di tahun ini dari 33 Kabupaten/Kota di Jawa Timur sudah terbentuk kepengurusan Relawan TIK sehingga Pemberdayaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di tanah air khususnya di Jawa Timur bisa merata guna mewujudkan masyarakat yang melek-IT serta menebar manfaat dan bisa bersinergi dengan semua lini kemasyarakatan.

TOT RTIK Jatim 2018 yang didukung oleh berbagai lembaga stakeholder yang selama ini bersinergi dengan Relawan TIK Indonesia yakni Kemkominfo, SiberKreasi, ICT Wacht, PANDI, APJII, Telkom serta masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam kesempatan ini Novianto Puji Raharjo, S.Kom, M.Ikom yang akrab disapa dengan Gus Novi, selaku Ketua Relawan TIK Jawa Timur menaruh harapan besar dengan adanya kegiatan TOT RTIK Jatim 2018 dalam upaya percepatan pertumbuhan Relawan TIK di Jawa Timur. Beliau juga berharap kalaulah Relawan TIK itu harus mandiri. Dimana kemandirian adalah suatu sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, maupun berpikir dan bertindak original/kreatif, dan penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.

Ke depan seluruh Relawan TIK tidak lagi bingung bahkan bergantung pada lembaga atau instansi tertentu untuk memulai pergerakan. Mereka harus mampu membiayai dirinya sendiri serta mampu mengatur jadwalnya sendiri sehingga untuk bergerak dalam upaya mengabdi kepada masyarakat tidak lagi terbentur lagi perihal permasalahan finansial.

Mudah-mudahan pasca acara ini semakin mantab dan tercetak Relawan TIK yang siap menjadi Trainer unggulan dan mandiri untuk mencerdaskan masyarakat dengan sosialisasi dan edukasi TIK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here