Relawan TIK Indonesia di Ajang Penghargaan WSIS Prizes

0
64

Rtikjember.or.id – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hadir menjadi 2 dari 12 unggulan atau champion Indonesia, dari 90 champion tingkat dunia dalam ajang penganugerahan World Summit on the Information Society (WSIS Prizes) yang dikompetisikan melalui pilihan masyarakat dan penilaian ahli dari International Telecommunication Union (ITU) dan United Nations (UN) yang berperan di dalam WSIS Prizes dari perhelatan internasional yang diselenggarakan di Jenewa pada tanggal 19-23 Maret 2018.

WSIS Prizes adalah perhelatan solusi atau inisiatif di bidang TIK baik dari pemerintahan maupun komunitas tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2012. Tahun ini, 17 inisiatif Indonesia berhasil menembus predikat nominator serta 12 inisiatif lolos menjadi unggulan, dan yang muncul menjadi Winner adalah indonesiabaik.id dari kategori Media Government Portal for Viral-able Public Policy Communication.

“Organisasi dunia (PBB) telah tetapkan Relawan TIK Indonesia sebagai Champion, artinya Dunia telah mengakui Pergerakan Pemberdayaan Masyarakat yang kita lakukan adalah valid, sudah tepat, dan benar. Tetap konsisten kawan,” ujar Fajar Eri Dianto, Ketua Umum Relawan TIK Indonesia.

Dua program Relawan TIK yang lolos di ajang WSIS Prizes 2018 adalah Relawan TIK Goes to School (REGOS) yang diinisiasi oleh RTIK Bogor pada kategori Capacity Building dan Pusat Pemberdayaan Informatika dan Pedesaan (Puspindes) yang diinisiasi oleh RTIK Pemalang.

Ketua Bidang Kemitraan Relawan TIK Indonesia, Hani Purnawanti, mengungkapkan rasa bahagianya, “Alhamdulillah 2 (dua) gelar Champion diraih oleh Relawan TIK Indonesia pada kategori 3 (Akses Terhadap Informasi) dan kategori 4 (Capacity Building) atas dukungan dari seluruh Relawan TIK se-Indonesia”.

Kegiatan Relawan TIK Indonesia merupakan wujud nyata dalam membangun bangsa Indonesia melalui pemberdayaan masyarakat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penghargaan yang diraih menjadi satu motivasi untuk terus bergerak, terus rela, dan terus memasyarakat. [LTF/SHF/RTIK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here