Relawan Melawan Awan

0
118

Jember 18 Mei 2017, Mentari belum menampakkan diri di ufuk timur mungkin ia sedang menanti para insan Manusia menyelesaikan Ibadah​ wajibnya. di pagi ini  diri ingin menggoreskan kalimat perkata menyambung satu menjadi sebuah paragraf tak terarah. tertuang kaalimat Judul “Relawan Melawan Awan” sejatinya diri bingung cerita apa yang akan saya bawakan; uraikan;sampaikan untuk selanjutnya, :D… santai aja Om ini bukan tentang narasi puisi atau sajak bertajub sastra, tidak lebih hanyalah skat skat sampah dari alam sadar yang berputar-putar di kepala. maklum orang dari pagi belum tidur eh paginya pagi kemarin ya :3… jadi udah On time aktifitas dari Kemarin sampai saat ini… Alhamdulillah rasa lelah itu belum terasa, yang ada  lupa caranya tidur 😀 woiyyy srius saya bener-bener lupa caranya tidur haha :D… penyebabnya bukan penyakit Insomnia atau I love Some Nia 😀 (Nia-nya Hoax) tapi lupa caranya tidur memang sudah menjadi rutinitas di jam malam saya, klo di ibaratkan tubuh saya sudah ber regenerasi menjadi mahluk hidup Nokturnal (aktif dimalam hari) hehe justkiding, dan ceritnya pun jadi ngak nyambung dengan judul topiknya :D… yang baca ketawa ngak ya…?? kalo ngak lucu di paksa untuk ketawa aja ketawa itu lebih baik dari pada kamu menangis bener ngak 😀 dan satu lagi ketawa selain membuat kita awet mudah ketawa itu bikin kita lupa segalanya lho, ibaratkan punya hutang ni ketawa-tawa sendiri hutagnya jadi langsung  lunas ketawa sendiri semua masalah​ langsung beres ngk percaya buktiin aja hahaha 😀 eh masih ya wkwkwwk… maksudnya adalah tertekan seperti apapun kondisi kita jalaninya santai saja tetap optimis dan rileks dengan canda tawa tapi tetap fokus dalam situasi apapun… dan tulisan inipun semakin jauh dari topik pembahasan :D… ok jadi sekarang sudah mulai rileks kita mulai pembahasan ini sesuai dengan judul di atas yang pertama kenapa kamu jadi sok srius hahaha…

“Relawan Melawan Awan” rujukan judul ini ketika saya tiba-tiba teringat akan kejadian itu, waktu saya dan rekan-rekan RelawanTIK Jember bersiap siap melakukan kegiatan Nobar Bola dalam pertandinga Final Piala AFF ceritanya Indonesia VS Thailand ni yang hasilnya bikin nyesek dengan kekalahan Indonesia 4 : 2 di putraan Final.. saya masih ingat jelas, hujan Deras waktu  itu, acara ini kita selenggarakan di tempat Wifi.Id Corner Telkom Sukowono.

kegiatan ini  80% nyaris gagal di laksanakan menimbang cuaca yang tidak bersahabat dan kemungkinan lain Orang-orang akan lebih memilih menonton dirumah masing-masing, chat WA grub rekan- rekan Rtik Jember terus saya bombardir dengan slogan “Ayoo Masyarakat Menunggu” “Hujan tidak akan membuat kita leleh :D” salah satu nya seperti itu dimaksudkan kegiatan ini tetap bisa dilaksanakan, fikir saya kenapa kegiatan harus tetap terlaksana meninjau segala perlengkapan Acara sebelumnya yang telah  kita persiapkan mulai dari layar Proyektor hasil  Pinjaman dari Lembaga pendidikan hingga uang patungan  untuk Coffe + snack jadi sudah terlanjur terkonsep tinggal eksekusinya saja, kalimat Relawan Melawan Awan pun tersisipkan di barisan chat WA Grub percakapan itu  dan berahir dengan kata “Ayo Kita Jalankan” dengan penuh semangat kita langsung bergegas membelah derasnya rintikan hujan waktu itu untuk menuju tempat Kegiatan.

Berselang 20 menit  mempersiapkan teknis acara nyatanya  Hujan  mulai bersahabat mungkin dia tau maksud dari tujuan kami hehehe… Masyarakatpun mulai berdatangan untuk memposisikan diri di kursi kursi yang telah di sediakan, Indonesia Indonesia Indonesia Goallllll… :v berlanjut dengan suasana hiruk pikuk dukungan serta teriakan para penggila bola.

musim penghujan di Tahun ini Terasa lebih lama yang menurut beritanya fonomena ini terjadi karna badai Matahari sehingga suhu bumi tidak stabil dan mengakibatkan intensitas hujan meninggi, namun cuaca ekstrem terebut tidak membuat semangat gerakan kita menjadi surut/monoton, saya dan Rekan-rekan yang lain harus tetap bergerak menjalankan misi kemasyarakatan ini.

Setelah proses membelah awan part pertama tadi maka ini ada part kedua dan ketiga. “mungkin ini yang dimaksudkan bahwa Air Hujan adalah Hidayah dari Tuhan, benar adanya terkadang di balik Datangnya Hujan, kebanyakan orang melakukan rekam hitory, menyelipkan kisah-kisah  dari sebuah peristiwa. tentu itu adalah Hikmah, dan saya yakin si pembaca juga bisa merasakan pengalaman itu” maka Nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau Dustakan…

di kegiatan yang kedua ini saya mendapatkan tawaran kolaborasi kegiatan bersama kawan-kawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kabupten Jember, dan juga dari kawan-kawan KKN dari Universitas Negri Jember.

Bpk.Denny sebagai Kepala Desa.Petung Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso mempunyai fikiran maju untuk mengenalkan potensi Desanya melalui Website Desa.id dimaksudkan agar Kontrol pemerintah Pusat dan para pelaku kepentingan bisa mengenal potensi apa yang harus di kembangan di kawan ini.

Desa Petung jika ditinjau dari segi geografis berada di bawah lereng Gunung di buktikan sejauh 6 KM  dalam perjalanan itu saya dan rekan-rekan sekalian menyusuri jalan jalan berbatu dan jalan jalan aspal yang sudah mulai Rusak Parah hal ini juga perlu sentuhan dan perhatian Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk memperbaiki jalur transportasi di kawasan ini,

misi kita kali ini untuk pendampingan Masyarakat dalam memperkenalkan peran dan fungsi Website Desa kegiatan ini merupakan kolaborasi aparatur desa dan pemerintah dengan kami Relawan TIK Kab.Jember, Pelatihan tentang pengenalan Sistem Informasi Web Desa menjadi topik awal pendampingan kami dimana para perangkat Desa  di perkenalkan dengan istilah Domain,Hosting,Website,wordprees dan bagai mana Pengelolaan Website, berlanjut dengan pelatihan Jurnalistik yang dibawakan oleh Ibu.Friska Natali dari AJI Jember.

karna itu tugas dan peranan seorang Relawan TIK benar benar diuji, lepas dari kepentingan pribadi dibalik semua Kegiatan yang dilaksanakan. sejatinya saya sadar jika Tuhan tidak Diam melihat perjuangan rekan-rekan sekalian.  yang saya cari benar adanya yaitu untuk mengobati keresahan ketika kesenjangan sosial terjadi dalam struktur Masyarakat, Berusaha menyalurkan Ilmu yang saya miliki berharap ini bernilai Ibadah.

Cukup sekian dulu ya mata mulai  kerasa 5 KG , jika dilanjut bisa  tambah ngelantur…hehehe Saya ucapkan terimakasih banyak untuk pembaca yang telah menyempatkan diri meluangkan waktunya mohon koreksi dan didikannya yang membangun, di kolom komentar di bawah, di harapkan  bisa saya perbaiki lagi dan di teruskan kembali Terimakasih banyak.

Red.Ulil Albab (Sekretaris)

Visit :  Web Desa Petung , Web Desa Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here