Pentingnya UMKM Go Online Perhatikan 5 Hal Berikut

0
172

Rtikjember.or.id – JEMBER, Pernahkah kamu membayangkan, jika UMKM Go Online akan meningkatkan perekonomian Indonesia? Sukses berbisnis di dunia online memang bukan hal yang mustahil. Terlebih saat semua fasilitas, infrastruktur dan ilmu sudah tersedia bebas dan mudah untuk didapatkan. Belajar bahkan prakter berbisnis online seolah bisa kapan dan dimana saja.

Hal inilah yang sedang gencar dilakukan oleh anak muda di berbagai kota, termasuk yang paling gencar yaitu melalui gerakan #Goonline. Dimana fokus membantu produk UMKM untuk mampu Go Online dan bahkan Go Digital.

Teknologi yang terus berkembang tidak tinggal diam untuk siap menjadi teman para UMKM untuk Go Online. Bahkan ini pun dibuktikan oleh Jagoanhosting.com, yang memang menjadi salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan kebutuhan untuk Go Online. Termasuk UMKM.

Tapi sejatinya, apa sih yang paling dibutuhkan UMKM untuk Go Online, saat UMKM didominasi oleh Gen X yang memang tidak begitu update dengan teknologi. Karena tentu saja UMKM tidak dapat bergerak sendiri saat ingin mengembangkan bisnis dan menjadikan bisnis mereka Go Online dan Go Global.

1. Kualitas produk yang tidak tertandingi

UMKM di Indonesia dikenal sebagai produsen berbagai macam barang yang sangat unik. Mulai dari makanan, kerajinan sampai dengan produk fashion. Seolah tidak ada habis-habisnya ide yang diciptakan oleh UMKM. Bahkan mereka pun memanfaatkan potensi di sekitar untuk dijadikan sesuatu yang sangat unik. Bahkan bisa saja, 500 UMKM di 1 kota memiliki produk yang berbeda-beda.

Mereka yang terkumpul dalam 1 komunitas atau paguyuban UMKM, memudahkan untuk saling mengenal satu UMKM dengan UMKM lainnya. Dan pastinya juga memastikan produk mereka benar-benar berbeda dari lainnya.

Kualitas produk yang dihasilkan memang harus yang terbaik. Selain unik, tapi tentu saja meaningful atau berguna untuk masyarakat.

2. Packaging minimal instagramable

Kenapa harus Instagramable?

Jika kamu sadar bahwa Instagram menjadi salah satu sosial media yang cukup menjanjikan untuk bisnis. Maka kamu pasti setuju, jika produk UMKM ingin Go Online, maka salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah packaging mereka yang unik.

Bukan sekedar menjadi wadah atau pembungkus saja. Tapi packaging harus bisa digunakan sebagai media branding. Setidaknya pembeli nantinya mau untuk memfoto dan memposting produk kita di Instagram mereka, karena packaging yang lucu dan unik.

Inilah yang akan dikerjakan pula oleh program #Goonline. Memberikan kesempatan bagi anak muda yang berbakat di dunia design grafis ataupun ilustrasi, untuk ikut membantu UMKM menciptakan packaging dan branding produk lainnya.

Agar siap Go Online. Pastinya ini bukan hanya bertujuan membantu UMKM. Tapi program ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para desainer untuk membangun portofolio mereka dalam bentuk yang nyata.

Bukankah saat desainmu bukan hanya memuaskan masyarakat dari sisi seni, tapi juga bermanfaat untuk orang lain, kamu akan merasa bahwa desainmu memang benar-benar jenius?

3. Sosial media yang gak sekedar jualan

Setelah packaging, branding lainnya yang bisa dimaksimalkan oleh UMKM adalah sosial media. Jika awalnya sosial media hanya digunakan untuk memposting produk dengan detail dan keterangan yang membosankan. Yang pastinya kurang banyak diminati oleh banyak kalangan. Sebab tidak semua pengguna sosial media menyukai konten yang hanya berisi konten jualan saja bukan?

Itu sebabnya, sosial media marketing adalah kebutuhan para UMKM yang memang ingin Go Online. Tenang saja, di sini UMKM hanya benar-benar harus fokus memaksimalkan kualitas produk mereka saja. Sebab sosial media marketing akan menjadi PR bagi teman-teman #Goonline yang siap membantu untuk mengOnlinekan produk UMKM.

Dengan materi online dan offline course yang nantinya diterima oleh peserta #Goonline , termasuk materi tentang sosial media marketing, maka dipastikan produk UMKM yang dijual melalui sosial media tidak akan membuat orang bosan. Sebab konten yang disiapkan sudah bisa dipastikan menarik minat banyak pembeli di dunia online.

4. Dapatkan partner yang mendukung berkembang

Beberapa hal yang menjadi kendala bagi UMKM yang ingin Go Online adalah menemukan partner yang mendukung mereka. Bahkan memiliki visi dan misi yang sama dengan UMKM.

Selain teman-teman dari #Goonline  yang siap menjadi partner bagi UMKM yang siap Go Online, maka Rtik Jember pun siap menjadi partner bagi para UMKM yang siap Go Online.

Produk UMKM yang siap Go Online tentu membutuhkan media selain sosial media untuk memasarkan produk mereka. Bahkan jika sudah siap untuk dipasarkan ke luar negeri, produk UMKM pasti membutuhkan media branding yang tidak kalah mumpuni untuk ditunjukkan ke pasar yang lebih luas. Seperti Website dengan nama domain sendiri, akan membantu produk UMKM lebih mudah ditemukan di dunia online.

Website instan yang hampir selalu dihindari oleh beberapa pebisnis online yang tidak memiliki keahlian di dunia IT. Namun kini bisa dimiliki dengan website instan dari Jagoanhosting.com. Yang pastinya akan menjadi magnet tersendiri bagi pasar yang sudah disesuaikan dengan produk UMKM.

5. Jangan pernah berhenti belajar

Yang terakhir adalah tidak pernah menyerah untuk selalu belajar. Banyak media, tempat dan seolah waktu yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Mulai dari belajar dengan sesama UMKM, komunitas atau paguyuban, sampai belajar dengan mentor bisnis yang sudah berpengalaman.

Program #Goonline  menjadi tempat yang sesuai dengan kebutuhan para UMKM dan anak muda penuh semangat membangun Indonesia lewat UMKM. Tidak hanya belajar tentang digital marketing, rebranding produk dan repackaging produk, namun juga akan banyak belajar tentang bagaimana membangun sebuah bisnis atau perusahaan yang siap berkembang di tengah kemajuan dan persaingan yang tidak ada akhirnya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang nyatanya harus benar-benar dipersiapkan oleh UMKM jika ingin Go Online.Tidak perlu khawatir dengan siapa akan belajar dan mengembangkan bisnisnya. Di setiap point penjelasan di atas sudah kami sebutkan siapa yang siap untuk menjadi partner dan teman untuk berkembang.

Bahkan jika dilihat dari antusiasme UMKM seperti di Kota Malang saja, sudah banyak yang ingin produknya dikenal dan dipasarkan secara online. Lebih dari 400 UMKM datang pada gelaran Roadshow 10 #Goonline yang didukung oleh Kementrian Kominfo Indonesia, beserta partner yang mendukung untuk Go Online yaitu Blanja.com.

Antusiasme mereka bukan hanya ditunjukkan saat mulai mendaftar dan mengikuti rangkaian acara. Tapi mereka sudah benar-benar ingin produk mereka digarap dan siap di digitalisasikan oleh anak muda dari #Goonline .

Nah, jika kamu anak muda berbakat, penuh semangat dan ingin menjadi bagian dari perkembangan UMKM Indonesia. Maka inilah saatnya! Kami menunggumu untuk segera mendaftar menjadi salah satu dari #Goonline . Menjadi partner UMKM untuk membantu memasarkan produk mereka secara digital.

Jadi, tunggu apalagi. Klik di sini untuk memastikan diri bahwa kamulah yang siap untuk menjadi #Goonline  untuk UMKM Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here