Menkominfo: Aplikasi “Ayo Mudik” Buat Pemudik Nyaman

0
181

Jakarta, Kominfo – Pemerintah terus berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pemudik. Salah satunya melalui penyediaan layanan aplikasi “Ayo Mudik” oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan beberapa kementerian dan lembaga yang dikembangkan oleh Kudo.
“Kita coba membuat nyaman pemudik untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih terintegrasi,” kata Menteri Kominfo Rudiantara saat konferensi pers “Mudik Bareng Guyub Rukun” di Ruang Serbaguna, Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (19/06/2017).
Melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Kudo, Menteri Kominfo berharap akan dapat menyediakan informasi yang terintegrasi. “Yang tadinya zaman dulu kita mudik membawa peta, sekarang semua diintegrasikan dalam aplikasi Ayo Mudik,” tuturnya.
Menteri Rudiantara mengatakan aplikasi Ayo Mudik merpakan modal bisnis bagi operator telekomunikasi. “Ini sebenarnya modal bisnis bagi teman-teman operator. Modalnya kecil. Broadcast itu SMS untuk pelanggan di Jakarta. Kasih tahu ada aplikasi Kudo apa. Lama-lama mereka beli paket,” jelasnya.
Menurut Menteri Kominfo, melalui promosi aplikasi, para operator telekomunikasi dapat memperoleh penghasilan dari penggunaan data oleh pengguna layanan. “Selain mempromosikan ada aplikasi ini, operator telekomunikasi meningkat pendapatannya dan kita tahu bulan lebaran puasa ini salah satu puncak dari pendapatan operator telekomunikasi,” kata Rudiantara.
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan aplikasi Ayo Mudik akan terus dikembangkan. “Ini yang kita kembangkan sekarang dan diharapkan nanti setelah ini juga bisa berkembang dan data-data yang disediakan lebih lengkap. Tahun depan lebih bagus untuk melayani masyarakat khususnya masyarakat yang ingin mudik,” harapnya. (PS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here