Menjadi Masyarakat Jember Anti Hoax

0
198

Rtikjember.or.id – JEMBER, Semangat tahun baru masih terasa hingga hari ini. Tahun 2017 sudah kita lalui bersama dengan segala macam permasalahannya. Salah satu nya adalah kasus yang berhubungan dengan berita palsu atau biasa disebut HOAX.

Seperti yang dipantau oleh Relawan TIK Jember. Di Kabupaten Jember, sudah ada 8 kejadian tentang berita palsu atau hoax. Tentu masih banyak lagi yang belum terpantau oleh relawan TIK Jember karena memang kurangnya sumberdaya dari relawan sendiri. Dan juga kurangnya literasi digital kepada masyarakat jember.

Nah, untuk Sobat RTIK Jember, kali ini kita akan share tentang cara menghindari hoax. Agar kita bisa menjadi Masyarakat Jember Anti Hoax.

Yang pertama, Cek Sumber Berita. Pastikan informasi yang di dapat berasal dari sumber berita yang kredibel.

kedua, Berbagi Informasi dengan orang yang kompeten. Jika masih ragu dengan sumber berita yang menyebarkan informasi, cobalah bertanya kepada orang lain agar dapat membantu meluruskan informasi yang salah. Bisa dengan orang yang kompeten, atau bisa lapor dan bertanya di web https://rtikjember.or.id/ konsultasikan melalui Live chat yang tersedia.

Ketiga, Jangan Terprovokasi. Ketika sobat RTIK menerima sebuah berita, jangan mudah terprovokasi, reaksioner, ataupun emosi. Bersikaplah netral atau moderat saat menerima informasi.

Keempat, Bandingkan Informasi. Bandingkan sumber informasi yang sobat dapat dengan sumber informasi lain. Hal ini tentu akan memudahkan sobat RTIK untuk menentukan sikap.

lalu yang kelima, Perbanyaklah Membaca. Nah tentu hal ini menjadi poin yang sangat penting, karena kadangkala berita hoax itu tersebar karena kurangnya membaca suatu informasi atau membaca hanya sekilas saja. Banyak membaca, tentu akan membuat kita semakin banyak referensi. Sehingga akan semakin memudahkan kita dalam membandingkan sebuah informasi.

itulah beberapa cara agar kita bisa membedakan suatu informasi hoax atau tidak. Jadi mulai tahun 2018 ini, mari kita sebagai generasi millineal khususnya warga Jember, lebih memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif dan produktif. Agar kita bisa menjadi masyarakat Jember anti hoax.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here