LINDUNGI GENERASI MILINEAL DARI KEJAHATAN DARING, KOMUNITAS RTIK JEMBER LAKUKAN EDUKASI LITERASI DIGITAL

0
43

Rtikjember.or.idJEMBER, Munculnya konten-konten negatif dari jaringan media yang kian marak menjadi perhatian serius semua elemen masyarakat. Konten negatif tersebut dikhawatirkan akan dipertontonkan pada anak-anak. Untuk itu komunitas Relawan TIK (RTIK) Jember  berupaya mencegah eksploitasi anak di ranah daring. Dengan mengusung program literasi digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, komunitas RTIK Jember mengembangkan Literasi Digital Internet Baik, dengan nama program Icakap atau “Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif”.

Ulil Albab, ketua RTIK Jember menjelaskan, program literasi digital yang dilakukan ini mengutamakan edukasi untuk generasi milenial saat ini. Konsep cerdas dari program Icakap ini diharapkan membuat generasi muda lebih cerdas dalam mengartikan informasi yang beredar di internet. Dengan mampu membedakan mana berita benar dan mana berita hoax semata. Sedangkan kreatif dan produktif, pengguna internet diharapkan dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak, bahkan dapat meraup penghasilan dari ranah daring tersebut.

Tidak hanya itu, Ulil mengakui perlunya pemberian edukasi pada anak di wilayah pedesaan, terlebih bagi anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri sebagai buruh migran. Karena kurangnya pengawasan dari orang tua mengakibatkan mudah masuknya kejahatan teknologi di kalangan anak-anak.

Ulil menerangkan, salah satu  inovasi program literasi digital oleh komunitas TIK Jember yang diberikan pada anak-anak adalah dengan menggunakan permainan ular tangga internet sehat. (vta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here