Kenapa harus memulai Bisnis Online ?

0
200
Rtikjember.or.id – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Jember.

Jika Anda belum tahu alasan kenapa harus memulai bisnis online pakai toko online sendiri, simak alasan kenapa harus memulai bisnis online berikut. Jika Anda sudah tahu, biar semakin yakin untuk pesan toko online di PuskoMedia Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, tren bisnis online terus berkembang. Edukasi belanja online sudah hampir merata ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Generasi 90’an sudah pasti tahu bagaimana cara belanja online, baik untung dan resiko yang harus didapatkan. Bisnis retail yang tadinya fokus jualan di toko fisik, mulai berlomba-lomba membangun platform toko online mereka sendiri dan mengintegrasikannya dengan kegiatan offline mereka.

Kabar yang paling ‘riskan’ untuk para pemain lama Indonesia, Alibaba dkk dan Amazon dkk sudah sangat dekat dengan pasar Asia Tenggara, dan Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi pasar yang sangat empuk. UMKM Indonesia pun lambat laun mulai sadar online, dengan dibantu oleh pimpinan platform marketplace Indonesia -Tokopedia dan Bukalapak, dan tentu dengan toko online besar lainnya.

Lantas, kapan Anda akan serius mengambil bagian dalam perhelatan akbar pasar online di negara sendiri? untuk meyakinkan Anda, dalam artikel ini kami ingin memberikan beberapa alasan kenapa harus memiliki toko online sendiri di samping jaringan pemasaran lainnya.

Alasan Paling Hot #1:  Raksasa ecommerce dunia mulai ambil kuda-kuda ‘mencaplok’ karya anak Bangsa

Sudah dengar Bapaknya Alibaba dkk memberikan pendanaan ke Tokopedia sebesar US$ 1,1 miliar, atau sekitar Rp 14,7 triliun? Tepat saat ulang tahunnya yang ke-8. Ini bukan hoax, lagi hangat-hangatnya dalam beberapa hari dalam hasil pencarian artikel bisnis. Kalau gak percaya, ini hasil screenshoot light banner di Tokopedia sendiri.

Pendanaan Tokopedia dari Alibaba
Jangan salah fokus, lihat ke bagian kanan. 😛

Ditambah lagi, si Amazon mulai melakukan ekspansi ke pasar Asia Tenggara dan direncanakan akan memasuki pasar Indonesia, tapi belum pasti waktunya. Bayangkan, bagaimana jadinya saat Alibaba dari negara penguasa pasar Asia dan Amazon pemain lama dari negara Paman Sam saat bersenggolan di negeri ini? Mungkin anak bangsa yang saat ini sedang merangkak membangun bisnis online akan terhempas di antara dua jurang. Jurang pertama, jurang rumput hijau karena pemain raksasa akan sangat membantu proses percepatan edukasi dan infrastruktur jaringan online. Jurang kedua, jurang dengan dasar karang yang siap mencabik-cabik kalau pelindung badan tak kuat.

Lantas apa yang menjadi poin penting? Ada baiknya Anda memulai dari sekarang sebelum mereka benar-benar mengeraskan semua tanah basah negeri ini. Ini adalah wilayah Anda sendiri, bukan milik asing.

Hot #2:  Manusia gaptek telah berevolusi jadi manusia hightek

pexels.com

Sudah pernah merasakan bagaimana susahnya mengedukasi cara baru yang telah diperbarui ke masyarakat? Misalnya, saat PLN pertama kali mengedukasikan tentang token listrik ke masyarakat, emak-emak baik di kota ataupun di desa semua mengomel karena merasa tagihan bulanan listriknya jadi semakin besar. Padahal PLN punya niat baik, agar pelanggan lebih fleksibel dalam pola penggunaan listrik. Saat ini, lagi ramai token listrik bisa dibeli di Tokopedia, Bukalapak dan toko online lainnya. Semua jadi mudah kan karena sebuah inovasi? Kalau harga listrik semakin naik, itu lain cerita tentunya.

Permisalan di atas, menjadi pelajaran buat kita bagaimana sebuah cara baru sangat sulit untuk diikuti oleh kebanyakan orang. Sama halnya saat pertama kali Bhinneka memasarkan produk ‘jualan online’, dia harus mengedukasi masyarakat Indonesia terlebih dahulu kalau belanja online itu aman, nyaman, mudah, dan praktis.

Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat mulai teredukasi secara merata, bukan hanya tentang bagaimana cara belanja online tapi sudah mampu bagaimana cara belanja online dengan aman dan nyaman. Saat ini masyarakat Indonesia telah berevolusi menjadi masyarakat modern yang kenal dengan teknologi tinggi. Hal tersebut tentu menjadi alasan kuat, kenapa kita harus memulai bisnis online. Poin utamanya, bukan hanya banyak jumlah pengguna internet. Mereka juga sudah teredukasi tentang bagaimana cara menjadi pengguna internet yang baik.

Baca juga:

Benarkah bisa menghasilkan ratusan juta dari bisnis online

Hot #3: Model bisnis sudah bermacam-macam

pexels.com

Apakah pernah terfikirkan bagaimana cara Google dan Facebook mendapatkan uang saat mereka memberikan layanan super gratis habis-habisan? Setelah mengenal lebih jauh dunia TIK, Anda semakin paham bahwa mereka memiliki cara bisnis yang berbeda. Itu salah satu contoh saja model bisnis online itu macam-macam.

Banyaknya pilihan model bisnis menjadikan kita semakin dimudahkan untuk memilih bagaimana cara kita mulai jualan online. Misalkan; saat Anda memiliki bisnis kerajinan rotan yang dijual di marketplace Bukalapak. Untuk memperkuat brand yang dimiliki, Anda perlu satu website sebagai ‘kantor resmi’ bisnis yang sedang dijalani. Untuk mengenalkan produk kita ke orang terdekat, Anda dapat berjualan di media sosial.

Semua jaringan online dapat digunakan untuk semakin menduniakan bisnismu.

Hot #4: Pilihan pertama saat ‘ijazah’ tidak laku

Melamar kerja di Negara Indonesia tercinta sangatlah susah. Anda belum tentu mendapatkan posisi yang ideal sesuai dengan ilmu yang didapatkan dari kampus. Kalau tetap berprinsip harus sesuai dengan jurusannya, Anda akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan.

Ini bukan rekayasa, pernyataan di atas adalah bagian dari kehidupan anak yang ‘pernah makan genteng sekolah’. Saat negara dalam masa-masa sulit, saat bisnis sedang banyak yang jatuh. Tentu nilai jual ‘ijazah’ Anda akan semakin jatuh, bukan karena tak berharga, tapi karena lapangan kerja memang terbatas. Belum lagi tiap setengah tahun sekali, banjir bandang datang dari hulu kampus. Benar bukan?

Momentum masa-masa sulit ini, mari jadikan ilmu paling berharga yang pernah didapatkan dari sekolah/ kampus digunakan. Ilmu ‘The power of kepepet‘ jadi pilihan terbaik untuk memulai bisnis online. Manfaatkan semua potensi dalam diri sendiri dan lingkungan untuk menciptakan satu model jualan online yang paling cocok dijalani.

Hot #5: Alasan ‘bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja’ sudah basi

Beberapa tahun silam, kata ‘bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja’ sangat sering digunakan untuk mendeskripsikan belajar online dan bisnis online. Kalau saat ini masih pakai alasan tersebut tentu sudah tidak relevan lagi. Kalimat tersebut sudah tidak ampuh lagi sebagai iming-iming agar orang lain tertarik dengan kegiatan online.

Nyatanya, anak bangsa sudah teredukasi dengan baik (minimal anak 90’n) tentang kelebihan teknologi internet dan tahu kelemahannya. Sudah saatnya kita membuat alasan lain untuk semakin meningkatkan minat mereka untuk benar-benar memanfaatkan teknologi yang sehari-hari ada di tangannya.

Lantas, apa alasan yang paling kuat untuk kita?

#Konklusi dan Solusi

Ada banyak platform yang menyediakan media berjualan online. Misalnya Tokopedia dan Bukalapak sebagai marketplace, Facebook dan Instagram sebagai media sosial. Semua menyediakan kemudahannya masing-masing. Di marketplace kita dituntut membangun reputasi toko virtual kita. Di media sosial kita dituntut bersikap jujur dan responsif dalam memasarkan produk, dan tak kalah penting kita harus aktif ‘bersosial’ dengan cara yang anggun. Namun, ada satu hal yang dirasa masih kurang yaitu; kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya kearah mana bisnis kita akan berkembang.

Solusi paling jitu yaitu dengan mengkombinasikan semua media online menjadi satu kesatuan media promosi potensial dengan angka harapan berkembang yang besar. Semua platform yang kita gunakan, sebaiknya bermuara pada satu ‘kantor virtual kita sendiri’ yang menjadi Toko Online kita yang sesungguhnya. PuskoMedia Indonesia saat ini sedang mengembangkan sebuah model toko online dengan Cinta si WordPress dan Woocommerce yang dapat mengintegrasikan semua media tersebut ke dalam satu media yang dapat Anda kontrol sepenuhnya. Pastinya dengan harga yang terjangkau. 🙂

Jadi, kapan Anda akan serius memesan pengembangan toko online di PuskoMedia Indonesia? Kendalikanlah arah bisnis Anda untuk berkembang sekarang juga!

Sumber : https://www.puskomedia.id/blog/kapan-mulai-jualan-di-toko-online-sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here