Kegiatan Siber Kreasi Relawan TIK Jember

0
205

Rtikjember.or.idJEMBER, “Kita ingin wujudkan Masyarakat Indonesia Cerdas, Kreatif, dan Produktif dalam penggunaan Internet” Demikian pernyataan Ketua RTIK Cabang Jember Ulil Albab saat dikonfirmasi setelah kegiatan Siber Kreasi dengan melalui permainan ular tangga di Alun-alun Kabupaten Jember, Minggu, (5/11/2017).

Menurut Ketua RTIK Cabang Jember bahwa Siberkreasi adalah sebuah gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman terbesar Indonesia yaitu penyebaran konten Negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying, dan online radicalism.

“Dalam siberkreasi kita meningkatkan literasi digital masyarakat, meningkatkan penyebaran konten positif, meningkatkan karya digital pemuda, dan meningkatkan kerjasama muliti pihak,” katanya.

Gerakan tersebut untuk mendorong konten-konten positif perlu didukung oleh berbagai kalangan, temasuk oleh anak muda yang kreatif, semua pihak bisa secara aktif berpartisipasi membersihkan linimasa dari konten-konten berita palsu, fitnah, pornografi, dan menularkan semangat positif secara kreatif lewat konten popular.

“Dengan kemampuan memanfaatkan internet secara bijak dan kreatif, literasi digital yang bisa menjadi persiapan generasi mendatang untuk memiliki tingkat ekonomi produktif di masa puncak produktivitasnya,” ujar Ketua RTIK Jember.

Sedangkan menurut Eka Wijianti warga Ajung mengatakan bahwa kegiatan seperti itu sangat membantu bagi orang tua karena bisa mengetahui bagimana cara menggunakan internet dengan benar dan bermanfaat dalam perekonomian keluarga.

(Foto : Humas Relawan TIK Jember)

“Acara seperti ini sangat bagus mas, karena sekarang banyak berita yang hoax dan anak-anak sekarang sudah banyak menggunakan Hp yang ada internetnya jadi kita kalau tidak memantaunya maka mereka membuka hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Eka berharap dengan adanya acara tersebut bisa membawa manfaat bagi semua orang tua dan anak yang sering aktif di media sosial untuk bisa memanfaatkan internet dengan baik.

“Semoga acara seperti ini bisa disosialisasikan di sekolah-sekolah dan orang tua biar mereka bisa memanfaatkan internet untuk menambah perekonomian dari pada hanya update status dirinya sendiri,” harapnya. (Humas RTIK Jember)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here