RTIK Jember Literasi Digital 2021 FesTIK 2021, Relawan TIK Jember Terjun Dampingi Warga Bali

FesTIK 2021, Relawan TIK Jember Terjun Dampingi Warga Bali



Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi “Relawan TIK” turut andil dalam membangkitkan kondisi perekonomian masyarakat Provinsi Bali di tengah pandemi Covid-19, dengan mengajarkan kemampuan digital (digital skill) kepada masyarakat Bali.

Sektor pariwisata yang menjadi mata pencaharian utama mayoritas masyarakat Bali, lumpuh akibat kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Data Kemenkeu RI mencatat, sepanjang 2020 masyarakat di Bali mengalami penurunan pendapatan sebesar 40,67 persen akibat pandemi Covid-19.

Relawan TIK Cabang Kabupaten Jember menerjunkan 5 orang relawan untuk turut serta dalam gerak serentak pulihkan perekonomian Bali dalam Festival TIK 2021 yang diinisiasi oleh Relawan TIK Indonesia.

Kelima relawan tersebut di antaranya Erlina Dwi Nahzdifah, Guntur Rahmatullah, Ulya Anisatur Rosyidah, Naufal Nasrulloh dan Rony Tri SW.

Festival TIK ini melibatkan seluruh perwakilan dari Relawan TIK Cabang Kabupaten dan Kota serta Komisariat dari seluruh penjuru Indonesia.

“Kita kompak bergerak bersama pegiat TIK seluruh Indonesia terjun bareng-bareng ke masyarakat untuk membantu Bali, mewujudkan Bali kembali bangkit dengan mengajari mereka warga Bali dengan berbagai kemampuan digital (digital skill),” ungkap Ketua Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto, Rabu (1/9/2021).

Dalam Festival TIK yang diselenggarakan selama dua hari, 30-31 Agustus 2021 ini, berhasil memberikan literasi digital kepada 4.289 orang siswa dari 50 sekolah yang tersebar di Provinsi Bali.

Selain itu, para relawan TIK juga memberikan pendampingan kepada 11 desa  dimana setiap desa ada 25 warga yang didampingi mengenai kemampuan digital.

“Diharapkan dengan kemampuan digital, maka ekonomi di Bali akan lebih cepat bangkit kembali,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *