INCAKAP Tankal Informasi HOAX

0
177

Seminar Nasional “Internet Cakap (Cerdas-Kreatif-Produktif) Tangkal Informasi Hoax” di Universitas Muhammadiyah Jember, 02 Mei 2017. Keynote Speakers: Harry Hartono, SE, MM (Kepala SubDit Peningkatan Kapasitas TIK KemenKominfo Jkt), Unggul Sagena, MPP, MA (Ketua Harian Relawan TIK Kominfo Jkt), AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH (KaPolres Jember), Aipda Hadi Poernomo Mpsi (Humas Polres Jember), dan Drs. Wyn W Pur, MA, CES-Ed, DBA (Peneliti/Pengamat Online Social Media & Netizen). Diselenggarakan oleh kerjasama Panitia BEM UnMuh Jember (Roby dkk) & Relawan TIK Kominfo Cabang Jember (Uliel Albab dkk). Dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa/i UnMuh Jember, sejumlah mahasiswa dari PT negeri dan swasta lainnya, sejumlah admin dari grup medsos dan grup chatting, beberapa jurnalis, 3 staf Humas Polres Jember dan 5 Netizen Cybertroopers. Moderator: Putra Wijaya (Prosatu Rri Jember).

Jika Anda menerima posting yang isinya luar biasa, aneh atau cenderung negatif, sumbernya tidak jelas, pengirim aslinya tidak diketahui atau dikenal, maka Anda lebih baik diam atau melakukan 1) Check & Recheck, 2) Verifikasi kpd pihak yang kompeten, 3) konfirmasi dari pihak yang terkait, dan 4) Klirifikasi oleh pimpinan kepolisian/militer/pemkab/organisasi atau individu ahli ybs. Pengirim atau penyeber Hoax dijerat UU ttg ITE pasal 28 dengan hukuman penjara maximum 6 tahun atau denda Rp.1M, dan KUHP pasal 14 ayat 1 dan 2 dengan hukuman penjara maximum 10 tahun. Marilah saling waspada dan menjaga grup media dan lingkungan sosial Anda agar selalu aman, nyaman, tertib dan damai.

# with Ari Sandi, Indrij Ratsonko, Vira, Izca Lois Rock, Punakawan, Panji Argapura, Hadi Poernomo, Para Pembantu Rektor UnMuh Jember, Pimpinan Dinas Kominfo Jember #

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here