Euforia Project Smart City

0
306
illustration: elenabsl/adobe stock

Rtikjember.or.idJEMBER, Teknologi Informasi (TI) baik itu berupa Perangkat Keras (Komputer, Jaringan, Server, dll ) maupun Perangkat Lunak Aplikasi, hanyalah Alat Bantu. Efektif atau tidaknya ditentukan oleh apakah permasalahan riil di masyarakat dapat diselesaikan dengan adanya TI atau tidak.

Butuh survey dan pengumpulan data langsung di lapangan tentang permasalahan dan solusinya, langsung berhadapan dengan masyarakat dan menanyakan apa keluhan dan masukannya, apa selama ini yang menyulitkan mereka, sehingga penerapan TI bisa tepat guna.

Sayangnya, entah tertutup euforia atau trend, kecenderungan penerapan TI di Pemerintah Daerah malah lebih banyak mengacu kepada hal-hal yang kurang relevan, seperti hanya memandang harus bangun sistem yang canggih, hanya melihat pokoknya “berbau” TI dan keren, menuruti perintah dari pusat, atau bahkan hanya karena saran dari seseorang yang gelar akademisnya berenteng bahwa setiap kota harus bertransformasi menjadi SmartCity, tanpa melihat terlebih dahulu apa potensi dan masalah di daerahnya.

Akibatnya banyak perangkat dan aplikasi yang mangkrak maupun yang mati muda, kelar di launching kemudian terbengkalai. Sebagian besar ini terjadi bukan karena kurang canggih, tapi karena gagalnya solusi TI yang diadakan, untuk memecahkan dan menanggulangi permasalahan yang ada di masyarakat secara nyata.

Salam Buat Yang Gila SmartCity.

Oleh : Ali Bungkers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here