Cara Blokir Akses Pengguna Wifi Router Speedy

0
172

Rtikjember.or.id – Pada postingan kali ini akan menshare Cara Memblokir Pengguna Akses Wifi Kita Di Modem TP-LINK. Pada jaman sekarang ini, banyak orang yang sudah banyak mengakses wifi di berbagai tempat misalnya saja di tempat umum seperti sekolah, cafe, kantor bahkan untuk pribadi sendiri.

Akses wifi sekarang mudah digunakan apalagi Anda pengguna modem TP-LINK yang sinyal jaringan wireless tersebut memiliki jangkauan yang cukup jauh. Tetapi sangat disayangkan karena apabila banyak orang sudah megetahui password nya, lama-kelamaan koneksi pada modem TP-LINK anda akan lemot atau lambat, walaupun anda dapat mengganti password wifi nya, hal ini hanya sementara karena password wifi dapat di bobol oleh orang yang tidak memiliki haknya.

Bagi anda yang tidak mau orang lain yang di sekitar kita menggunakan akses wifi kita, anda dapat melakukan filter dari setiap komputer, notebook, handphone, tablet dan perangkat lainnya yang mampu terhubung dengan jaringan WLAN anda. Anda dapat mengkonfigurasinya di dalam modem TP-LINK. Dibawah ini menggunakan TP-LINK model TD-W8151N, kalau milik anda berbeda silahkan sedikit disesuaikan.
Langkah-langkah nya :

1. Anda harus mempersiapkan MAC address dari perangkat yang anda perbolehkan memakai akses internet. Kalau di windows anda tinggal membuka CMD kemudian ketikkan ipconfig/all, lihat pada tulisan Physical Address.
2. Silahkan buka browser anda bisa menggunakan google, mozilla, opera dan lainnya.  Jika sudah ketikkan alamat IP 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 kemudian isikan username dan passwordnya, biasanya bawaan dari telkom yaitu admin dan admin. Jika tidak dapat masuk, gunakan username dan password dari Telkom Speedy lainnya.
3. Jika berhasil masuk akan tampak gambar TP-LINK di bawah ini. Pada TP-LINK pilih menu Interface Setup > pilih Wireless kemudian scroll ke bawah sampai anda menemukan “Wireless MAC Address Filter“. Pada bagian Active silahkan ubah dari Dectivated menjadi Activated.
Kemudian pada bagian Action terdapat 2 pilihan yaitu Allow Association (hanya perangkat yang MAC addressnya dapat terhubung) atau Deny Association (memblokir akses semua perangkat yang terdeteksi MAC addressnya). Bisa dikatakan ini sistem backlist atau whitelist yang umum digunakan dalam sistem kendali akses. Ok tinggal klik SAVE.
Sekian pada postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Bila ada kekurangan, kirimkan komentar anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here