5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemeliharaan WordPress

0
305

Rtikjember.or.id – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Jember.


Ketika anda memiliki sebuah akun blog, terkadang anda tidak begitu memeperhatikan apa yang seharusnya dilakukan untuk merawat blog tersebut. Padahal sebenarnya, itu merupakan hal yang penting untuk memastikan blog tetap dalam keadaan baik apapun platformnya, termasuk WordPress.

Pemeliharaan WordPress pun harus dilakukan secara berkala sehingga akan tetap nyaman dan aman untuk digunakan. Mulai saat ini, pastikan anda mengelola WordPress dengan baik dengan memperhatikan berbagai hal.

Pemeliharaan WordPress, perhatikan 5 hal ini :

– Mengganti pasword

Kenapa harus mengubah password ? jika blog anda merupakan blog yang padat lalu lintas, anda harus melakukan penggantian password minimal 3 bulan, namun jika blog anda merupakan blog mengganti password minimal 6 bulan sekali.

Password merupakan pertahanan pertama terhadap akses tidak sah menuju situs anda. Pastikan bahwa anda selalu menggunakan sandi unik dan kuat untuk setiap akun online anda termasuk WordPress.

– Membuat backup dari situs anda

Backup merupakan senjata yang sangat penting dalam sebuah situs. WordPress pun memiliki plugin backup yang dapat membantu penggunanya dalam mengotomatisasi proses backup padaWordPress. Namun terkadang, plugin tersebut berhenti secara tiba- tiba dan tanpa di sadari, sehingga tetap saja anda harus menjalankan plugin secara manual untuk melakukan backup. ketika plugin backup sudah aman, maka anda pun harus melakukan verifikasi pada penyimpanan anda seperti Google Drive, Dropbox, dll.

– Selalu memeriksa dan memperbarui file WordPress

Anda disarankan untuk selalu menggunakan WordPress dengan versi terbaru, karena dengan menggunakan versi terbaru maka tema- tema dan plugin pun tetap diperbarui pula. Cara mengeceknya dengan cara pergi ke halaman WordPress update untuk memeriksa pemutakhiran secara manual dan memastikan bahwa semua tema dan plugin yang terinstal merupakan versi terbaru.

– Memeriksa dan menghapus komentar spam

ketika anda menggunakan aismet untuk memerangi span komentar, maka secara otomatis span komentar akan di moderasi. Namun, terkadang akismet pun menandai komentar yang sah sebagai spam. Karena hal inilah, anda juga harus melakukan cek mengenai komentar yang telah ditandai sebagai spam dan kemudian bersihkan komentar spam. Dengan hal inilah, maka kinerja WordPress pun akan semakin baik.

– Menguji bentuk WordPress

Kelebihan yang dimiliki WordPress adalah mampu membentuk plugin seperti WPForms yang sangat indah dan mudah digunakan. namun terkadang terjadi misconfigurasi pada WordPress hosting server sehingga bentuk ini mungkin membuat berhenti ntuk mengirim email secara tiba-tiba.

Tentu saja anda harus memperhatikan ini agar WordPress bekerja dengan baik atau anda dapat memperbaikinya.

Sumber : https://www.puskomedia.id/blog/5-ha-yang-harus-diperhatikan-dalam-pemeliharaan-wordpress

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here