3 Gejala Umum Ketika WordPress Diretas

0
189

Rtikjember.or.id – Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Jember.


Keamanan dan kerahasiaan akun sosial media termasuk blog pun harus diperhatikan dengan baik jika anda tidak mau ada pihak yang mengambil alih atau menyalahgunakannya hingga merugikan anda.

Gejala- gejala tertentu akan nampak ketika akun blog dari suatu platform yang anda gunakan diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda harus mengetahui dan mewaspadai akun WordPress anda yang tengah diretas.

Gejala ketika WordPress Diretas

  • Traffic Website Drop

Anda dapat melihat laporan dari Google Analytics, disana anda dapat melihat kondisi kemacetan lalu lintas yang terjadi secara tiba- tiba. Anda harus waspada karena bisa saja WordPress yang anda miliki diretas.

Hal ini bisa terjadi karena bayaknya malware dan trojan dalam lalu lintas internet yang membajak lalu lintas website anda dan mengarahkannya pada suatu website yang berisi spam.

Pastikan juga menggunakan browser yang aman ketika melakukan penjelajahan di internet dengan tujuan dapat memberikan peringatan keamanan.

Sehingga, bagi anda sebagai pelaku bisnis atau blogger yang menggunakan platform website, maka anda harus memperhatikan keamanan situs anda melalui WordPress Security. Atau, anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap website anda dengan menggunakan Google’s Safe Browsing Tool.

  • Website Menjadi Lambat

Website manapun yang terdapat di internet pun sangat mungkin untuk menjadi korban serangan denial of service. serangan ini dapat dilakukan dengan menggunakan komputer server yang diretas dari seluruh bagian dunia dengan menggunakan ips palsu. Pada awalnya mungkin mereka hanya akan melakukan banyak permintaan pada server anda dan kemudian mereka menerobos masuk pada situs anda.

Hal itulah yang membuat webiste menjadi lambat atau tidak reponsif. Yang perlu anda lakukan adalah dengan memeriksa log server untuk melihat ips yang melakukan banyak permintaan dan kemudian memblokirnya.

  • Adanya Bad Link

Ini merupakan gejala yang palinng umum dialami oleh WordPress yang diretas yaitu adanya suntikan data. Hacker bertindak membuat backdoor pada situs anda sehingga memberi akses untuk melakukan modifikasi file dan database pada WordPress anda. Selain itu, mereka juga menambahkan link yang berisi spam. Mereka menambahkannya di posisi manapun pada website anda namun biasanya mereka menyimpannya pada footer.

Jika anda menghapus bad link mereka, maka bukanlah suatu jaminan bahwa mereka tidak akan kembali mengganggu atau merusak. Yang perlu anda temukan adalah backdoor yang mereka pasang untuk digunakan menyuntikan data pada situs anda, setelah itu tentu saja anda perlu untuk memperbaikinya.

Sumber : https://www.puskomedia.id/blog/3-gejala-umum-ketika-wordpress-diretas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here